Dibawah ini adalah contoh pembuktian dari sebuah
teorema yang kemudian di konstruksi dengan menggunakan Cabri II Plus
Langkah-langkah pembelajarannya:
Contoh 1 :
Pada postulat pertama siswa diberikan tiga buah titik A, B, dan C.
1.
Buka
Cabri Geometri II Plus dengan tobol Point => tentukan titik A, B dan C.
2.
Dari
gambar terlihat bahwa titik A, B dan C tidak segaris. Kemudian Siswa dapat
membuktikan bahwa garis yang melalui titik A dan B ada.
|
3.
Dengan
mengkonstriksi garis tersebut siswa telah membuktikan postulat dari sebuah
garis yaitu : Dua buah titik hanya dapat
ditarik sebuah garis lurus. Selain itu, siswa juga dapat membenarkan bahwa
segmen AB itu ada yaitu terletak pada garis l
dan seterusnya sesuai dengan apa yang ada di dalam tabel.
4.
Kemudian,
setelah semua siswa melakukan konstruksi yang sama di Cabri Geometry, siswa diminta untuk membandingkan langkah-langkah konstruksi dengan pernyataan
dan pembenaran bukti, yang memimpin mereka untuk
menyertakan nomor langkah bukti (diberikan dalam kurung)
setelah setiap kalimat dan yang membantu mereka memahami hubungan antara bukti
dan konstruksi.
Contoh
2: Setelah siswa mempelajari segitiga sama kaki siswa dihadapkan pada masalah
sebagai berikut: “Diketahui segitiga sama kaki ABC diman AC = BC. Titik P
terletak pada sisi AB. Permasalahannya: dimana tepatnya letak titik P sehingga
jarak P terhadap AC sama dengan jarak titik P ke BC. Adapun langkah-langkahnya:
1.
Tentunya
terlebih dahulu di suruh untuk mengkonstruksi segitiga sama kaki. yaitu dengan
cara membuat segmen AB dengan perintah tombol Segment => buat garis sumbu segmen AB dengan tombol Perpendicular Bisector => letakan
titik C pada garis sumbu tersebut => buatlah segitiga ABC dengan tombol Triangle.
|
2.
Letakan titik P
pada sisi AB dengan tombol Point on
Object => Buat garis tegak lurus AC melalui P dan garis tegak lurus AC
melalui P dengan tombol Perpendiculer
Line => Dengan tombol Distance and
Lengt tentiukan jarak P ke AC dan P ke BC=> kemudian jumlahkan kedua
jarak tersebut dengan tombol Calculate
|
3.
Geser titik P
kekanan dan kekiri biarlah siswa menyimpulkan sendiri. (Tentunya jawbanya
adalah jumlah keduanya akan selalu sama).
4.
Setelah siswa
dapat menyimpulkan eksplorasi tersebuat biarlah mereka melakukan eksplorasi
dengan pembuktin menggunakan aksioma atau postulat yang ada.
5.
Tentunya
jawaban yang kita inginkan dari siswa adalah sebagi berikut: dari gambar cabri
permasalahan di atas buatlah garis sejajar dengan salah satu garis tinggi
tersebut dengan tombol Parralel Line.
|
6.
Dari gambar
diatas segitiga BPQ kongruen dengan segitiga BPE sehingga PE (jarak P ke BC) =
BG. Dari konsep kesejajaran DP (jarak P ke AC) = FG, sehingga PE + DP = FG + BG
= FB (Selalu sama dimanapun titik P berada).
Demikian sedikit penjelasan tentang cabry II plus, semoga dapat bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar